Contoh Karangan Bebas

      Assalamualaikum Wr. Wb.Ini adalah contoh karangan cerita yang saya buat. Semoga  yang membaca dapat terhibur dan termotivasi oleh karangan cerita saya ini.
Selamat Membaca !!!
Ilmuan Muda yang Hilang
      Beberapa tahun lalu, Hiduplah seorang perempuan yang terlahir sangat cerdas. Dia Bernama Ratna. Mungkin hanya beberapa orang saja di Indonesia yang cerdas seperti dia. Karena Dia sangat cerdas, Setelah Lulus SD dia tidak menginjak bangku SMP, tetapi ia langsung Menginjak Bangku SMA.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

      Orang tuanya beruntung memiliki anak seperti Ratna, karena Ratna orang yang sangat cerdas,dan tidak semua orang bisa bernasib seperti Ratna. Sejak SD, Ratna selalu mendapat peringkat pertama di kelasnya. Bukan hanya mendapat peringkat pertama di kelasnya, dia juga sering menjuarai perlombaan, diantaranya juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional bidang Fisika dan Biologi. Selain itu, dia juga pintar di bidang Matematika, dan masih banyak lagi.
      Ratna memang menyukai Fisika dan Biologi.Jika ada pameran Fisika seperti Karya Ilmiah, Ratna pasti datang ke pameran tersebut. Karena dia menyukai Fisika dan sering menjuarai Olimpiade dan Lomba Fisika di tingkat yang tinggi, dia mendapat beasiswa dari pemerintah.
      Di SMA, dia di juluki “Enstein 2” karena kecerdasan dan prestasi di bidang Ilmu Pengetahuan. Setelah lulus SMA, Ratna kuliah di Universitas Pendidikan Indonesia. Saat kuliah, Ratna tidak sulit untuk mendapat gelar. Dari S1, S2, dan S3 seperti orang-orang pada umumnya. Setelah lulus, Ratna menjadi Dosen di Universitas tersebut. Sebagai pekerjaan sampingan, Ratna menjadi peneliti dan mempunyai Labolatorium sendiri. Ratna juga sering datang ke sekolah-sekolah SMA yang ada di daerah Jakarta untuk menyampaikan kembali apa yang ia ketahui dalam Fisika ataupun Biologi.
      Disitu, dia mendapat banyak teman yang seumuran denganya, tetapi Ratna mempunyai gelas S3,temanya baru SMA. Teman yang dekat dengan Ratna diantaranya Doni yang berasal dari Bandung, Nyoman dari Bali, Putri dari Jakarta, dan Venus dari Palembang. Mereka semua berbeda daerah tetapi mereka sekolah di SMA di Jakarta. Dalam meneliti, Ratna memiliki kerabat bernama Roni.Kebetulan, Roni adalah kakak kandung dari Doni. Ratna dan Doni kerabat yang solid dalam bekerja (Meneliti). Mereka tidak pernah meributkan pendapat yang berbeda saat meneliti.
      Suatu saat, Ratna menemukan sebuah penemuan yaitu Rekayasa Genetika Tanaman, yang di mana tanaman bisa tumbuh subur tanpa pupuk ataupun bahan yang mengunakan bahan kimia. Saat itu, penemuan itu belum di beitahukan kepada siapapun, baik pemerintah,apalagi pihak lainnya. Penemuan tersebut dia asrsipkan di laptopnya.
      Di suatu hari, setelah ia pulang dari SMA yang ia kunjungi, Ratna melihat di depan rumahnya ada sebuah mobil hitam dan beberapa orang dengan baju yang sama untuk menanyakan soal Rekayasa Genetika yang di temuakan olehnya, dan akan di beli dengan harga yang sangat mahal. Rupanya mereka adalah karyawan PT Hijau Lestari. Ratna bertanya kepada orang yang ada di depan rumahnya tersebut.
            “Siapa kalian ?” Seru Ratna
            “Kami dari PT. Hijau Lestari.” Jawaban para karyawan PT. hijau Lestari.
            “Kalian mau apa?” Ratna bertanya kembali.
“Kami akan Membeli penemuan anda yaitu Rekayasa Genetika Tanaman dengan harga 35 Miliar.” Jawaban para karyawan.
“Tidak, saya tidak akan menjualnya !” Ratna menolak tawaran tersebut dengan tegas.
      Ratna langsung masuk ke rumahnya. Dengan rasa heran, mengapa pihak perushaan tersebut bisa tahu bahwa Ratna menemukan penemuan tersebut, padahal dia belum memberi tahu kepada siapapun. Di dalam rumah, mungkin karena Ratna tidak ingin perusahaan tersebut menguasai hasil penemuanya, Ratna membakar berkas-berkas tentang penemuanya tersebut. Arsip di laptopnya pun di pindahkan ke flashdisk miliknya, kemudian Arsip di laptopnya di hapus. Ratna pun menyembunyikan flashdisk miliknya.
      Keesokan harinya, karyawan perusahaan PT. Hijau Lesatri masih berada di depan rumahnya, dan menanyakan soal yang sebelumnya yang di tanyakan kepada Ratna. Ratna tidak mau karena Ratna tidak ingin perusahaan tersebut menguasai hasil penemuanya. Ratna pun di bawa oleh para karyawan ke PT. Hijau Lestari. Disana, Ratna tetap tidak mau. Ratna di ancam jika tidak mau menjualnya. Namun, Ratna sangat cerdas. Ratna merekam semua ancaman yang di lakukan oleh pihak perusahaan tersebut. Tinggal menekan tombol kirim, semua ancaman tadi akan terkirim ke kerabatnya yaitu Roni. Beberapa saat kemudian, dia pun pulang kembali ke rumahnya.
      Tanpa di duga, di rumahnya sudah ada karyawan dari perusahaan tersebut yang sudah mengacak acak rumahnya untuk mencari berkas tentang “Rekayasa Genetika Tanaman”. Tetapi untungnya arsip tersebut sudah di bakar, file yang di laptopnya pun sudah di hapus dan di pindahkan ke flashdisk. Lebih untugnya lagi, flashdisk tersebut tidak di temukan oleh karyawan perusahaan yang ingin membeli penemuanya.
      Saat akan keluar kembali dari rumahnya, kepergian Ratna di ketahui oleh karyawan perusahaan tersebut. Ratna lari keluar untuk pergi ke rumah Roni. Di depan rumah, kaki Ratna di tembak oleh karyawan secara tidak sengaja. Namun Ratna memaksakan diri untuk lari walaupun HP yang isinya rekaman ancaman yang di kirim kepada Roni terjatuh. Karyawan pun mengetahui alamat rumah Roni, karena kotak terkirim belum di hapus.
      Keesokan harinya, para karyawan datang ke rumah Roni untuk menanyakan Ratna. Di rumah Roni juga ada adiknya Doni. Disitu, Doni panik dan tidak tahu akan berbuat apa. Namun Roni tetap tenang dan berhasil mengusir para karyawan. Doni tetap panik, dan khawatir terhadap dirinya, Kakaknya, dan Ratna karena takut terjadi apa-apa.
      Beberapa saat kemudian, Roni berangkat bekerja. Di jalan, Roni di culik dan di bawa ke sebuah tempat oleh karyawan. Setelah Doni pulang sekolah, Doni sadar bahwa kakaknya belum pulang. Padahal biasanya kakaknya sudah pulang sebelum Doni pulang. Doni juga baru sadar kalau Ratna tidak ada. Doni berpikir mungkin Ratna bersembunyi di tempat yang lain. Doni langsung memanggil Putri, Nyoman, dan Venus melalui telepon dan meminta bantuan untuk mencari Kak Roni. Sebelum teman-temanya datang, Doni menemukan surat yang isinya bahwa kakanya berada di suatu tempat. Tidak lama kemudian, Putri, Nyoman, dan Venus datang.
            “Emangnya kakak kamu kemana? Apa ada masalah sebelumnya?” Tanya Putri.
            “Sudahlah, Aku panik, ikuti saja aku!” Jawab Doni.
            “Tunggu, kita naik mobil aku aja biar cepat!” Kata Putri.
      Mereka semua pun berangkat ke tempat yang ditunjukan di surat yang di temukan tadi oleh Doni. Setelah mereka bertemu karyawan PT. Hijau Lestari.
“Dimana Ratna berada? Jika kalian tidak menjawab, kami akan membunuh Roni.” Seru karyawan.
      Saat doni akan menjawab, Nyoman dan Venus melarangnya. Saat Roni akan di tembak, Ratna datang dan langsung menyerahkan diri kepada karyawan PT. Hijau Lestari. Ratna di bawa oleh karyawan tidak tahu kemana. Dan sampai saat ini Ratna tidak pernah kembali lagi dan menghilang tidak tahu kemana. Sampai saat ini juga, Rekayasa Genetika Tanaman tersebut belum di temukan.
      Terima kasih kepada kalian yang sudah membaca cerita saya ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan kata.

 

WASSALAMUA’LAIKUM WR.WB.
Yang mau cerita menarik lainnya klik Disini
Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *