Menghilangkan mindset “Yakin, yang lain juga akan telat”

Tepat waktu adalah hal yang paling utama dalam segala kegiatan. Dalam bekerja, sekolah, ataupun kegiatan-kegiatan lain yang formal maupun tidak. Dalam sebuah acara, kadang kala kita diperintahkan untuk datang tepat waktu. Namun pasti ada saja yang bilang :

“Ahh, yang lain juga pasti terlambat. “

“Gpp telat, yang lain juga Pasti banyak yang telat. “

“Msih banyak lagi “

Kalimat-kalimat itu pasti saja dikatakan oleh orang-orang dengan disiplin rendah. Tidak menutup kemungkinan orang dengan disiplin tinggi-pun akan terbawa demikian apabila dia memang dalam keadaan tidak seperti biasanya.

Tepat waktu merupakan salah satu sikap disiplin. Dalam sebuah acara juga kita akan benar-benar ditunggu kehadirannya dengan tepat waktu. “Jangan biarkan orang lain menunggu, karena menunggu itu…….. ” (Jawabanyya banyak, silahkan isi sendiri).

Wajar jika kita terlambat mengikuti acara sekitar 3 – 5 menit. Jika lebih dari itu, anda sendiri akan rugi, dan orang yg menunggu akan dirugikan oleh kalian.

Berikut beberapa tips agar menjadi orang yang “sedikit” tepat waktu :

  1. Jangan tidur terlalu larut malam jika adan janji di pagi hari.
  2. Gunakan media sebagai pengingat seperti HP, kertas yang ditempel di dinding, masih banyak lagi.
  3. Hilangkan mindset “Yang lain juga pasti terlambat”.
  4. Percaya diri bahwa anda akan tepat waktu.
  5. Memberi tahu orang tua, teman, atau yang lainnya untuk mengingatkan anda bahwa nanti akan ada acara.
  6. Biasakan untuk tidak terlambat.

Diatas adalah tips agar anda menjadi orang yang “sedikit” tepat waktu. Tapi saya harapkan dengan tips diatas, anda benar-benar menjadi orang yang “sangat” tepat waktu. Dengan anda menjadi individu yang selalu tepat waktu, anda sendiri tidak akan rugi, dan tidak akan ada pihak yang dirugikan.

Waktu itu sangat berharga. Pepatah mengatakan “Time is Money”. Itu benar, dengan terlambat sedikitnya 3 menit, banyak hal yang bisa kita dapatkan, walaupun tidak berbentuk uang. Kita akan dihargai meskipun kita tidak merasakannya. Dengan “telat”, kita berarti menyia-nyiakan waktu. Dan kita tahu, bahwa menyia-nyiakan waktu adlah hal yang “SANGAT” tidak baik.

 

Share

You may also like...

1 Response

  1. July 21, 2017

    […] Baca juga : Menghilangkan mindset yang lain juga akan telat. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *