Pentingnya Pendidikan Konservasi Alam

Apa itu Konservasi?

Konservasi adalah pelestarian atau perlindungan. Secara harfiah, konservasi berasal dari bahasa Inggris, (Inggris)Conservation yang artinya pelestarian atau perlindungan. Itu menurut Wikipedia.

Pendidikan konservasi alam dilakukan untuk menyadarkan masyarakat khususnya pelajar agar mengetahui pentingnya alam bagi masa depan.

Kita masih beruntung, bisa melihat indahnya gunung, jernihnya air, dan segarnya udara. Apakah semua keindahan tersebut tidak akan kita wariskan kepada anak & cucu kita? Kasihan mereka nanti yabg mereka tau hanya gadget, dan mall. Dengan pendidikan konservasi alam, bukan tidak mungkin anak & cucu kita masih merasakan apa yang kita rasakan sekarang. 

Tidak sulit mengajarkan agar pera pelajar mau melestarikan lingkungan. Dengan mengajak teman, keluarga, murid untuk berwisata ke daerah yang alami. 

Jika anda seorang guru, ajaklah siswa dan siswinya untuk bermain di luar sekolah. Jika murid berjumlah 30-50 orang, satu atau dua dari siswa tersebut akan ingin kembali ke tempat tersebut. Dan di lain waktu, siswa tersebut akan mencari tempat lain yang memang suasana alam di tempat tersebut sangat Bagus.

Jika anda memiliki teman yang kira-kira bisa diajak bermain di alam, jangan sungkan untuk mengajaknya. Siapa tau, nanti kecintaan terhadap alamnya lebih tinggi daripada kalian. Namun ingat, jika kalian berumur dibawah 17 tahun, harus membawa pembimbing. Itu dilakukan jika kita belum tau betul tempat yang akan kita kunjungi.

“Jangan ambil apapun kecuali gambar, jangan tinggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan petik apapun kecuali kenangan”

Dengan kalian tidak membuang sampah sembarangan, kalian telak melakukan pelestarian alam. Tidak membuang satu cangkang makanan sembarangan, maka kalian sudah menyelamatkan bumi satu hari.

Berhasil mengajak 2 orang saja untuk melestarikan lingkungan, di hari-hari selanjutnya akan bertambah menjadi 4, menjadi 8, menjadi 16, dan menjadi banyak.

Alam yang Lestari, menjadikan kita sehat. Sehat dalam pikiran, dan perbuatan.

Pasti kita tidak ingin kita sakit karena udara yang kurang sehat, air yang kurang higenis. Jalan kaki pun, sudah termasuk dalam kategori melestarikan alam.

#ayojalankaki #jangancumataumall

Share

You may also like...

1 Response

  1. Jumlah di homepagenya di buat Genap, biar rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *