Apa pentingnya koordinasi

KOORDINASI

Menurut James G March dan Herben A Simon. Koordinasi adalah suatu proses untuk mencapai kesatuan tindakan di antara kegiatan yang saling bergantungan.

Saya memiliki sebuah permainan yang memiliki arti bahwa koordinat itu penting. Cara bermainnya seperti berikut :

  1. Buat sebuah kelompok minimal anggotanya 7 orang agar hasilnya terlihat lebih panjang.
  2. Setiap kelompok berbaris dengan rapi.
  3. Siapkan kertas dan pensil atau pulpen di depan.
  4. Secara bergiliran, setiap anggota kelompok menulis apa yang sedang dia pikirkan.
  5. Penulis diberi waktu selama 5 detik untuk menulis apa yang sedang dia pikirkan.
  6. Lakukan permainan tanpa koordinasi.
  7. Setelah semua anggota mendapat giliran menulis, coba bacakan hasil tulisan tadi.

Hasilnya pasti akan membuat tertawa. Tertawa karena tulisan tersebut tidak nyambung. Isi tulisan akan tidak karuan. Contohnya tulisan ini, yang ditulis saat saya mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah beberapa tahun lalu.

Di keramaian di pasar sangat berisik. Mereka membeli banyak benda. Diantaranya sapu, sendok, garpu, dll. Lalu mereka tapi harganya murah jadi banyak mereka pulang ke rumah.

Ngakak? Iya pasti. Jika permainan tersebut dilakukan oleh orang yang sangat banyak, lebih dari 20 orang, cerita tersebut akan lebih ngawur, lebih tidak nyambung.

Cerita di atas, hanya dilakukan okeh 8 orang. 32 siswa di kelas di bagi 4 kelompok. Setiap orang hanya diberi waktu 5 detik.

Jadi, apa hubungan antara koordinasi dengan permainan di atas.

Hubungannya, karena permainan di atas hanya diberi waktu 5 detik untuk menulis, alhasil tidak akan ada koordinasi dari satu pemain ke pemain lainnya. Tanpa koordinasi, hasilnya cerita pun akan tidak karuan, atau acak-acakan.

Begitupun dalam organisasi. Dalam organisasi itu harus kompak. Harus saling koordinasi antara anggota ke anggota lain, anggota ke ketua, maupun ketua ke anggota untuk mencapai tujuan yang sama, mencapai tujuan/hasil yang diinginkan.

Berbeda pemikiranpun akan sama, jika ada koordinasi. Tidak sulit untuk berkoordinasi. Dengan memberikan pendapat kepada orang bersangkutan pun akan mencapai hasil yang diinginkan. Jika tidak ada koordinasi, apa yang akan terjadi? Silahkan anda pikirkan sendiri dari kesimpulan artikel ini.

Share

You may also like...

1 Response

  1. May 10, 2017

    […] Baca juga Apa pentingnya koordinasi? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *