Kurang minat baca tetapi minat menulis

Membaca

Apa itu membaca?

Menurut Wikipedia Membaca adalah kegiatan meresepsi, menganalisis, dan menginterpretasi yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis dalam media tulisan. Kegiatan membaca meliputimembaca nyaring dan membaca dalam hati.

Ayo membaca!

Kata membaca tidak akan lepas terlalu jauh dari kata “menulis”. Entah mengapa, namun itu memang kenyataan. Banyak yang bilang seperti itu. Dengan membaca, kita bisa tahu banyak hal. Teknologi, Alam, Cerita, Seni, dan masih banyak lagi.

Orang Indonesia masih cenderung sedikit keinginannya untuk membaca. Anak-anak cenderung lebih suka bermain video game.

Saya sangat suka menulis, salah satunya menulis di blog. Tapi, di atas disebutkan bahwa Menulis itu tidak akan lepas dari membaca. Kenyataannya, saya sendiri kurang suka membaca.

Saya cenderung tidak suka membaca. Saya hanya mau membaca jika buku tersebut terlihat benar-benar menarik. Misalnya buku tentang Teknologi, Petualangan, Gunung, dan buku tentang hasil-hasil riset yang telah dilakukan.

Baca juga Apa pentingnya koordinasi?

Untuk buku-buku jenis yang lain, saya cenderung kurang suka. Entah kenapa saya menjadi cenderung kurang suka. Apalagi buku-buku seperti novel fiksi.

Saya pernah bertanya kepada guru saya. “Bu, kan menulis itu gak lepas dari membaca. Tapi kenapa Rifqy suka nulis ya bu?”. Guru saya menjawab ” Itulah kelebihan Rifqy, tanpa membaca Rifqy bisa nulis.”

Saya sedikit “nge-fly” ketika guru saya tersebut bilang “Itulah kelebihan Rifqy”. Tidak lama, guru saya membalas chat saya lagi, yang isinya “Tapi kalau Rifqy membaca, tulisanmu akan jauh lebih Bagus. Tulisan Rifqy bisa dipertanggungjawabkan”.

Awalnya saya belum mengerti, apa maksud dari dipertanggungjawabkan. Tetapi sekarang saya tau maksud dari dipertanggungjawabkan tersebut apa. Jadi, maksud dari kata itu adalah agar tulisan kita memiliki Sumber yang jelas.

Saya sadar akan pentingnya membaca, tapi saya tetap belum bisa agar saya suka membaca. Saya belum tau cara bagaimana agar saya mau membaca.

Sekalinya saya membaca, buku tersebut tidak saya baca sampai selesai. Jika selesaipun pasti banyak cerita yang saya lewatkan. Buku pertama yang pernah saya baca sampai selesai yaitu novel 5 CM karya Donny Dhirgantoro.

Saya ingin sekali suka membaca, tidak hanya buku tentang Teknologi, Petualangan, Gunung, dan buku tentang hasil riset. Saya akan terus berusaha agar saya suka membaca.

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *