Semalam penuh kebersamaan

SMA

Untuk ke sekian kalinya mengikuti kegiatan yang berbasis Latihan Dasar Kepemimpinan. Banyak yang berpendapat kalau pendidikan seperti ini sangat berat. Tapi jika dijalani dengan senang hati, semua kegiatan akan menyenangkan juga.

PABEK 2017

Penerimaan anggota baru ekstrakurikuler kepemudaan (PABEK) adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan SMA Negeri 1 Sukaresmi setiap tahunnya.

Kegiatan yang bertujuan membentuk karakter siswa baru mnjadi pribadi yang lebih baik ini dilaksanakan selama satu malam, disekolah.

Apa tujuan diselenggarakan PABEK ini? Saya berpendapat dan memisalkan seperti sebuah gulungan karton yang baru dibeli dan akan dipakai. Sebelum dipakai, pasti harus diluruskan terlebih dahulu.

Untuk meluruskannya kita perlu berusaha. Dan menurut saya itu merupakan usaha sekolah untuk membentuk karakter siswa menjadi lebih baik, sehingga dapat bersaing di masyarakat di masa yang akan datang.

Ibaratkan gulungan karton adalah siswa yang karakternya belum terbentuk dengan baik. Dan ibaratkan sebuah karton yang sudah diluruskan sebagai siswa yang karakternya sudah terbentuk dengn baik sehingga dapat bersaing di masyarakat di masa depan nanti.

#STORY

Malam hari tiba. Sang Surya terbenam ke ufuk barat. Lampu-lampu mulai menyala. Saya duduk di masjid sekolah, menerima materi dari panitia.

Hari yang biasanya terasa cepat, hari itu tidak demikian. Waktu terasa berjalan sangat lambat. Itu terjadi karena saya sedikt kurang semangat mengikuti kegiatan karena kondisi badan yang kurang fit. Sedikit flu, yanh saya rasakan saat itu.

Rasa lelah membuat mata menjadi berat. Rasa kantuk datang saat santapan rohani di masjid di waktu antara Maghrib dan Isya.  Tidak fokus rasanya mendengar ala yang dibicarakan oleh Imam di depan.

Waktu terus berjalan, hari semakin larut malam. Perut sudah bernyanyi nyanyi ingin segera diisi. Flu semakin terasa, padahal udara tidak terlalu dingin. Tapi saya merasa saya masih sanggup mengikuti kegiatan.

Shalat isya telah selesai dilaksanakan. Waktu yang ditunggu tunggu telah tiba. Makan malam. Makan malam dilaksanakan serentak di lapang Kawah Candradimuka SMA Negeri 1 Sukaresmi.

Makan malam di depan sebuah lilin, diiringi lantunan lagu, dibawah bintang-bintang, membuat kegiatan yang awalnya terasa melelahkan, menjadi menyenangkan. Waktu pun menjadi terasa berjalan cepat, karena setelah itu, saya menikmati kegiatan sampai selesai.

Semalam itu, menjadi malam yang terasa campur aduk. Senang bersama, susah bersama, dimarahi sama-sama, makan bersama, semuanya bersama-sama.

Share

You may also like...

2 Responses

  1. Lilis Paridah says:

    Positif, terus mengasah kemampuan.
    Segi penulisan hanya tinggal diperhatikan hal yang terkait ejaan misal kata depan yang harus dipisah, penempatan huruf kapital diperhatikan.
    I’m proud of you…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *