Menjadi Blogger, Cara Mudah Mendapatkan Tambahan Penghasilan di Tengah Pandemi

Menjadi Blogger, Cara Mudah Mendapatkan Tambahan Penghasilan di Tengah Pandemi

Menjadi Blogger, Cara Mudah Mendapatkan Tambahan Penghasilan di Tengah Pandemi – Masa pandemi menjadi masa-masa yang cukup sulit, bahkan sangat sulit untuk sebagian orang. Tidak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan karena perusahaan dimana dia bekerja mengalami kebangkrutan sehingga harus merumahkan para karyawan nya. Itu semua karena pandemi.

Saat ini, sudah banyak orang yang memanfaatkan blogger sebagai sarana untuk mencari tambahan penghasilan. Bahkan, sudah banyak pula yang menjadikan profesi blogger tersebut sebagai mata pencaharian utama. Untuk orang-orang seperti ini, masa pandemi bukan menjadi masa yang sulit, karena penghasilan sudah terus mengalir dari hasil menjadi blogger? Jadi, bagaimana sih cara untuk mendapat penghasilan di tengah pandemi? Mari kita bahas.

Apa itu Blog?

Blog atau weblog adalah sebuah sarana untuk menulis artikel untuk membagikan opini tentang sebuah hal yang bisa ditulis dengan bebas tanpa ada batasan. Maksud batasan disini adalah kita  bisa dengan bebas menulis artikel sepanjang-panjangnya. Berbeda dengan media sosial yang biasanya untuk menuliskan opini kita, dibatasi oleh maksimum karakter.

Blog berisi jurnal-jurnal yang merupakan opini si penulis tentang sebuah hal. Baik tutorial, review produk, atau yang lainnya. Untuk orang-orang yang gemar menulis, menjadi blogger sangat disarankan karena bukan hanya sarana untuk menyalurkan hobi, tetapi bisa untuk membranding diri, bahkan bisa mendapatkan tambahan penghasilan.

Bagaimana Cara Membuat Blog?

Untuk membuat blog, caranya sangat mudah. Kalian hanya perlu konsisten untuk bisa menjadikan blogger sebagai sarana mendapatkan tambahan penghasilan. Jika kalian tekun dan konsisten, blog kalian bisa menghasilkan uang dalam waktu yang sangat cepat. Jadi bagaimana cara untuk membuat blog? Mari kita bahas.

Membuat Blog di Blogger

Cara membuat blog di blogger

Blogger adalah sebuah plaform blog dari google yang dapat digunakan secara gratis. Disini, kalian bisa menulis bebas tanpa batasan karakter, tanpa batasan unggah gambar, bahkan kalian bisa mengunggah video juga. Untuk menggunakan platform ini kalian hanya perlu memiliki akun Google.

Untuk membuat blog di plaform ini, kalian buka situs Blogger.Com lalu buat blog. Kalian akan digiring untuk mengisikan nama blog kalian, dan alamat blog kalian, serta tema yang bisa digunakan. Setelah semua terisi, artinya kalian sudah berhasil membuat blog. Langkah selanjutnya adalah membuat postingan pertama kalian. Untuk membuatnya, silahkan klik tombol buat postingan yang berada di pojok kiri atas.

Setelah itu kalian akan dibawa menuju halaman untuk menulis artikel. Disini kalian bisa menulis artikel sepuasnya, tanpa ada batasan. Setelah selesai menulis, kalian langsung klik tombol pubikasikan. Untuk penjelasan singkat tentang cara membuat blog di platform blogger sampai sini dulu. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, akan dibahas di postingan selanjutnya.

Membuat Blog di WordPress

Cara membuat blog di wordpress

WordPress juga merupakan salah satu platform untuk membuat konten berupa teks (blog). WordPress terbagi menjadi dua versi yaitu versi gratis dan versi self host. Untuk membuat blog di wordpress versi gratisan, langkah-langkahnya sama seperti membuat blog di platform Blogger. Kalian hanya perlu mendaftar akun terlebih dahulu di situs WordPress.Com. Untuk langkah-langkahnya, kurang lebih sama seperti di Blogger. Kekurangannya, banyak keterbatasan ketika menggunakan versi ini, seperti tampilan yang tidak bisa di customize.

WordPress dengan versi self  host memiliki banyak kelebihan seperti pengaturan tema (tampilan). Tersedia ribuan tema yang bisa kalian gunakan. Selain itu, kita juga bebas menggunakan plugin ketika ingin menambahkan sebuah fitur di blog kita. Sama seperti tema, plugin yang bisa dipasang untuk blog kita tersedia di direktori wordpress sendiri. Tersedia ribuan plugin yang bisa dipasang secara gratis.

Untuk membuat blog wordpress self host, kalian perlu membeli sebuah nama domain untuk blog kalian. Untuk mencari nama domain, carilah nama yang cocok untuk anda dan mudah diingat oleh orang lain. Selain domain, kalian juga harus menyewa sebuah hosting. Jika kalian mencari hosting murah tapi dengan kualitas tidak murahan, kalian bisa menggunakan layanan dari Sahabat Hosting. Tersedia beberapa paket yang bisa kalian gunakan untuk menunjang kegiatan kalian dalam membuat konten di blog.

Menjadi Blogger untuk Mendapatkan Tambahan Penghasilan dari Blog

Sudah banyak blogger yang memiliki penghasilan pulahan juta setiap bulan. Tentunya, itu merupakan hasil dari perjuangan yang telah ditempuh dengan waktu yang tidak sebentar dan memerlukan konsistensi yang tinggi. Ada beberapa cara untuk menjadikan blog kita sebahai sarana untuk mendapatkan tambahan penghasilan.

Google Adsense

Mengikuti program adsense adalah salah satu cara yang paling populer dikalangan blogger untuk bisa menghasilkan uang. Untuk bisa mengikuti program ini, blog kalian harus memenuhi syarat yang sesuai dengan kebijakan dari Google Adsense itu sendiri. Segera daftarkan situs anda di program Adsense ini agar bisa memonetisasi blog kalian. Setelah mendaftar, situs kalian akan ditinjau dan bisa menampilkan iklan jika sudah ada email yang menyatakan bahwa situs kalian siap menayangkan iklan.

Affiliate

Program affiliate adalah salah satu cara untuk mendapatkan uang dari blog kalian selain program Google Adsense. Sistem dari program ini adalah dengan mempromosikan sebuah produk yang memang mendukung sistem afiliasi. Kalian akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk yang kalian promosikan.

Program affiliate ini cocok untuk kalian yang memiliki blog yang traffic nya sudah tinggi dan hanya memiliki satu niche. Misalnya blog kalian membahas tentang kecantikan. Kalian bisa mencari produk kecantikan yang mengadakan program afiliasi, kemudian promosikan di blog kalian.

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mendapatkan tambahan penghasilan dari blog selain kedua program diatas. Kesimpulannya, menjadi blogger bisa menjadi sarana untuk menambah penghasilan, terutama saat kondisi pandemi seperti ini. Untuk hal apapun juga, diperlukan kerja keras. Begitupun menjadi seorang blogger. Untuk bisa mendapatkan penghasilan dengan menjadi blogger memerlukan ketekunan dan konsistensi.

Terimakasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya 🙂

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *