Berjuang Sendiri Itu…

Berjuang Sendiri ituu...

Manusia merupakan makhluk sosial yang memerlukan teman. Teman untuk berbagi kebahagiaan ataupun kesedihan. Ketika kita mengalami kesusahan, kita bisa meminta bantuan teman. Ketika kita sedang berbahagia, kita bagikan kebagiaan itu kepada teman. Tapi bagaimana jika kita merasa TIDAK memiliki teman?

Ketika kita merasakan hal demikian, berarti kita juga merasakan apa itu berjuang sendirian. Dimulai dari postingan ini, kata ganti orang kita gunakan “saya”. Berbeda dengan postingan-postingan sebelumnya yang seringkali saya merasa bingung tentang sudut pandang penulisan. Mulai hari ini, saya gunakan kata saya”.

Tidak jarang saya merasa bahwa saya tidak memiliki teman. Sering merasa sedang berjuang sendirian. Sering memisahkan diri dari kumpulan. Sebenarnya bukan tidak memiliki teman, tetapi sulit menyesuaikan.

Saya bukan orang yang mudah bergaul dengan setiap orang. Bukan orang yang bisa dengan mudah dekat dengan orang baru. Bukan juga orang yang mudah mempengaruhi orang lain untuk bisa satu visi dan satu tujuan dengan saya.

Berbeda dengan orang lain yang bisa dengan mudah mengeluarkan pendapat dan bisa dengan cepat mengajak orang lain untuk setuju dengan pendapatnya. Saya tidak punya power untuk mempengaruhi banyak orang untuk bisa satu tujuan. Saya cenderung menjadi orang yang memilih untuk berjuang sendiri. Yaa, mencoba untuk sukses sendiri dulu, jika sudah terbukti sukses, pastilah kekuatan itu bisa saya dapatkan.

Memang, berjuang sendiri itu menyakitkan, menyedihkan, melelahkan…

Share

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *